Sinergi SMPIT Al-Ghozali dengan Konsultan Pendidikan.

Project Description

Kerjasama SMPIT Al-Ghozali Jember dengan Kualita Pendidikan Indonesia

Sumbersari. Upaya menumbuhkan majemen dan budaya mutu terus dilakukan oleh SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember. Perlahan-lahan sekolah ini terus mengembangkan kerjasama dengan berbagai lembaga, baik lembaga pendidikan maupun non pendidikan. Sebagai bentuk keseriusan tersebut, salah satunya diwujudkan melalui kerjasama dengan konsultan pendidikan profesional, yakni Kualita Pendidikan Indonesa (KPI) Surabaya. Sekolah dengan program uggulan Tahfidzul Quran dan life skill ini, sengaja menggandeng KPI guna meninggkatkan kualitas mutu pendidikan, antara lain: upgrade SDM guru dan karyawan, kualitas pembelajaran, pelayanan publik, dan upaya menumbuhkan karakter budaya mutu sekolah.

Secara umum, sekolah yang standar yakni sekolah yang mengacu kepada 8 standar nasional pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. SMP Islam Terpadu Al-Ghozali sebagai salah satu sekolah islam yang ingin mewujudkan hal tersebut dan berupaya menjadi pionir bagi sekolah-sekolah islam yang ada di Jember. Sejak enam bulan didampingi oleh KPI Surabaya, Sekolah ini senantiasa melakukan perbaikan untuk menjadi lebih baik, guna memberikan layanan yang maksimal kepada konsumer pendidikan. Program yang menjadi fokus kerjasama ini, yakni pendampingan manajemen dan budaya mutu sekolah islam.

Sejak tanggal 16-18 Januari 2018 kemarin, Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) selaku mintra kami, telah melakukan coaching manajemen mutu dan supervisi klinis yang kedua kalinya. Setiap guru dan karyawan di supervisi satu persatu untuk memetakan kualitas SDM. Tidak hanya guru saja, jajaran pengurus yayasan dan kepala sekolah pun ikut disupervisi. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk keseriusan kami dalam mewujudkan lembaga pendidikan islam yang berkualitas “Tutur Sudiyanto selaku kepala sekolah”.

Hasil dari adanya coaching manajemen mutu dan supervisi klinis tersebut, yakni terpetakannya kualitas SDM yang ada, dan mana saja sektor yang harus di upgrade untuk menjadi lebih maksimal lagi melalui pelatihan-pelatihan dari Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) Surabaya. Untuk proses pengajaran Al-Quran pun juga distandarisasi dengan metode wafa’ sehingga siswa mampu membaca dan menghafal Al-Quran dengan baik.

Selain itu, SMP Islam Terpadu Al-Ghozali Jember juga mencanangkan beberapa program besar, antara lain: menggandeng programer untuk pembuatan e-learning sekolah, pembuatan Sistem Informasi Terpadu yang dinamankan AGEIS (Al-Ghozali Enterprise Information System), dan pembuatan sistem ujian berbasis komputer (non paper) yang insya Allah akan di launcing sekitar bulan Mei  mendatang. Semua itu dilakukan untuk memaksimalkan proses pembelajaran dan layanan publik, serta menjawab tantangan perkembangan teknologi saat ini yang berkembang pesat.

Project Details

  • Date January 26, 2018
  • Tags

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top